Cara Setting Roller Tamiya serta Penempatan Posisinya

Cara Setting Roller Tamiya serta Penempatan Posisinya

Memahami bagaimana setting roller Tamiya sangat penting. Ini karena pemasangan yang tepat akan membuat roller tersebut dapat membantu mobil Tamiya melaju lebih stabil ketika di lintasan. Bagaimana cara pemasangan dan pengaturan posisi roller yang tepat?

Posisi Terbaik Roller Tamiya

Kira-kira seperti apa penempatan posisi roller Tamiya yang benar? Sebenarnya jawaban dari pertanyaan ini adalah tergantung. Maksudnya, posisi yang terbaik pada roller Tamiya menyesuaikan dengan kondisi track. 

Itulah pentingnya kamu perlu tahu kondisi dan jenis lintasan yang akan menjadi tempat balapan mobilmu, sehingga kamu dapat menyesuaikan posisi roller dengan tepat.

Cara Setting Roller Tamiya

Adapun cara mengatur roller agar sesuai dengan mobil mini 4WD yang kamu miliki yaitu:

1. Gunakan Roller dengan Ukuran yang Sama Besar

Setting yang pertama ini memungkinkan mobilmu dapat melaju secara lebih baik ketika berada di lintasan lurus. Alasannya karena roller tersebut posisinya sejajar ketika bersentuhan dengan dinding lintasan. Selain itu, pengaturan seperti ini juga dapat mengurangi power loss.

2. Roller Berukuran Besar Ada di Depan

Untuk pengaturan atau setting yang kedua ini merupakan pilihan jika mobilmu akan balapan di lintasan yang banyak belokannya. Roller tersebut berperan untuk mendorong mobil ke bagian dalam lintasan ketika bersentuhan dengan dinding lintasan.

3. Setting Roller Berukuran Kecil di Depan

Bagaimana dengan pengaturan roller yang satu ini? Mobilmu akan melaju dengan lebih stabil dan terus bersentuhan pada dinding lintasan. Tamiya akan lebih stabil pada saat cornering. Hanya saja pengaturan ini memiliki kelemahan yaitu memungkinkan mobilmu mengalami banyak power loss.

Baca Juga :   Tamiya Sliding Damper Roller, Fungsi dan Cara Memasangnya

Cara Pasang Roller Tamiya

Adapun langkah-langkah pemasangannya yaitu:

  • Pasang tiang tempat roller.
  • Masukkan bearing.
  • Pasang roller.
  • Pasang bearing roller kembali.
  • Pastikan roller dapat berputar dengan baik.

Adapun untuk tutorial selengkapnya kamu bisa tonton channel YouTube “PitBox Tamiya“. Di sana kamu akan mendapatkan informasi lengkap terkait pemasangan roller.

Cara Lepas Roller Tamiya

Sama halnya dengan pemasangan, melepas roller pun juga cukup mudah. Kamu hanya perlu melepaskan bearing bagian atas, lepaskan roller, bearing bagian bawah, dan lain-lain. Penjelasan selengkapnya bisa kamu dapatkan melalui channel YouTube “Wijaya Kit“. 

Sudah Tahu Cara Setting Roller?

Sekian pembahasan tentang setting roller Tamiya. Intinya, pemasangan roller bearing Tamiya atau Tamiya roller setup tidaklah sulit. Intinya kamu perlu memahami setiap langkah-langkahnya secara baik dan lakukan dengan hati-hati. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *