Mengenal Apa Itu Chassis Tamiya, Jenis, dan Spesifikasi Lengkap

Mengenal Apa Itu Chassis Tamiya, Jenis, dan Spesifikasi Lengkap

Jika kamu pecinta Tamiya, maka kamu harus tahu maksud dan macam macam Tamiya chassis. Ini merupakan salah satu komponen penting yang benar-benar harus kamu perhatikan. 

Performa Tamiya yang kamu miliki bergantung pada chassis yang kamu gunakan. Untuk itu, kamu perlu lebih mengenal tentang macamnya sehingga bisa menentukan chassis yang paling sesuai untuk mobil Mini 4WD-mu.

Apa Itu Chassis?

Secara umum, chassis atau sasis merupakan kerangka yang akan menopang tubuh kendaraan.

Chassis pada Mini 4WD merupakan sebuah komponen yang sangat penting karena merupakan tempat berbagai suku cadang seperti dinamo dan baterai. Pemilihan komponen tersebut akan memberikan pengaruh terhadap laju mobil Mini 4WD yang kamu miliki. 

Fungsi Chassis Tamiya

Fungsinya adalah sebagai tempat bagi komponen-komponen Tamiya yang terpasang. Di dalam chassis tersebut terdapat dinamo, baterai, sabuk baterai, serta roda. Selain itu, chasis juga berfungsi sebagai tempat pemasangan bumper roller Tamiya.

Jenis Chassis Tamiya

Salah satu tips memilih chassis yaitu menyesuaikan jenis dengan track. Untuk itu kamu perlu tahu beberapa jenis dari chassis tersebut.

1. MA Chassis

Tamiya MA chassis adalah salah kerangka Mini 4WD terbaik. Ini termasuk jenis yang canggih karena sudah aerodinamis. Selain itu, chassis tersebut juga memanfaatkan aliran udara serta mampu menghasilkan gravitasi yang lebih rendah dari chassis yang lain.

MA Chassis mempunyai 6 roller standar. Selain itu, kamu juga akan menemukan penyangga di bagian samping. Tujuannya untuk mempermudah pengguna dalam memasang beragam suku cadang. Ini merupakan sasis untuk Tamiya dengan kinerja tinggi.

Baca Juga :   Chassis MA Tamiya: Pengertian, Keunggulan, dan Spesifikasi

2. MS Chassis

Salah satu ciri khas MS Chassis Tamiya adalah terbagi menjadi tiga bagian. Ketiga bagian tersebut adalah depan (nose), tengah, dan belakang (tail). Kelebihannya adalah MS chassis lebih mudah bagi yang ingin memasang dan melepaskannya.

Untuk wheelbase-nya sebesar 80 mm. Pemilihan sasis MS biasanya untuk Tamiya yang ingin memiliki kelebihan saat melaju di track berbelok.

3. FMA Chassis

Salah satu alasan mengapa FMA menjadi pilihan karena keunggulannya pada jalur naik dan turun. Pada bagian bumper juga lebih kuat karena ada cooling ducts atau saluran pendingin. Meskipun juga tetap memiliki beberapa kekurangan.

Hal ini yang menjadi alasan kemunculan Super FMA Chassis yang merupakan penyempurnaan dari FMA Chassis. Apalagi dengan adanya fitur canggih yaitu penahan rol di bagian belakang serta termasuk aerodinamis.

4. Tamiya Chassis TZ

Tamiya chassis TZ memiliki ciri yaitu jarak pada roda depan serta belakang agak ke tengah. Selain itu, jarak chassis ke permukaan juga cukup rendah. Inilah yang menjadikan mobil Tamiya mempunyai tingkat stabilitas yang bagus.

Apalagi adanya bumper di bagian depan. Mobil Tamiya yang menggunakan jenis chassis ini akan terlihat lebih tangguh dan stabil.

5. AR Chassis

Kemudian ada AR chassis yang menjadi pilihan untuk kamu yang cenderung mengedepankan kesederhanaan. Chassis ini lebih mudah dalam perawatan serta penyesuaiannya. Chassis jenis AR merupakan pilihan bagi para pemilik Tamiya yang akan mengikuti balapan.

Alasannya karena lebih mudah dalam menyesuaikan chassis dengan spesifikasi Tamiya. Selain itu, daya tahannya juga terbilang baik. Ini karena terdapat 6 roller pada chassis tersebut.

6. Chassis Tamiya Super 1

Jika kamu mencari untuk jarak roda yang pendek, chassis yang satu ini merupakan pilihannya. Tidak sedikit yang mengatakan Chassis Tamiya Super 1 merupakan yang terbaik daripada pendahulunya. 

Baca Juga :   Tamiya Super XX Chassis: Spesifikasi dan Kelebihannya

Meskipun begitu, banyak juga yang berpendapat jika tipe yang satu ini memiliki beberapa kekurangan. Misalnya daya tahannya yang masih lemah.

7. Super 2 Chassis

Karena pada Super 1 chassis Tamiya memiliki kekurangan, kemudian muncullah Super 2 chassis. Tentu saja ini merupakan penyempurnaan dari generasi sebelumnya. Lalu pada bagian mana kelebihan dari generasi yang baru tersebut?

Salah satu kelebihannya adalah tingkat akselerasi yang lebih baik. Selain itu, kemampuannya dalam menikung juga lebih andal daripada Super 1. Peningkatan juga dapat kamu rasakan di bagian daya tahan chassis yang lebih kuat.

Kamu bisa mengecek di bagian bumper depan yang terkesan lebih kokoh. Lalu pada bumper belakang ada dua lubang penahan. Kamu juga akan menemukan gearbox yang mempunyai sekrup penahan. Dengan spesifikasi tersebut, tidak heran jika Super 2 lebih baik dari sasis Tamiya Super 1.

8. VS Chassis

Bagian yang menjadi keunggulan dari VS chassis adalah beratnya yang lebih ringan. Selain itu, desainnya yang kompak dengan jarak sumbu roda yang pendek menjadi keunggulan yang lain. 

Bukan itu saja, model sasis yang satu ini juga perawatannya cukup mudah. Sangat cocok untuk mobil Tamiya dengan kinerja yang tinggi.

9. Super XX Chassis

Tamiya Super XX Chassis adalah penyempurnaan dari Super X Chassis Tamiya. Peningkatan terlihat jelas pada bagian daya tahan yang lebih baik. Bagian penahan di bagian samping juga lebih kuat dari sebelumnya. 

Ini akan membuat sasis tersebut lebih stabil sehingga mampu menjaga laju kecepatan dari mobil Tamiya yang kamu miliki

Kesimpulan

Sekian pembahasan seputar apa saja macam macam chassis Tamiya. Kamu juga harus memahami tips memilih chasis Tamiya sesuai kebutuhan. Dengan begitu, chassis tersebut akan menjadi salah satu faktor penunjang mobilmu melaju dengan stabil di track.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *