Apa Itu MS Chassis Tamiya? Kelebihan dan Spesifikasi

Apa Itu MS Chassis Tamiya? Kelebihan dan Spesifikasi

Ketangguhan sebuah Tamiya seringkali lebih identik dengan tipe dinamo atau roda yang digunakan. Namun kamu perlu paham bahwa body alias chassis Tamiya juga berpengaruh terhadap performa mini 4WD kamu, lho. Nah, bisa jadi MS Chassis Tamiya setup ini adalah apa yang selama ini kamu cari-cari.

Apa Itu MS Chassis Tamiya?

MS Chassis ini adalah sebuah chassis yang Tamiya perkenalkan kepada penggemar mini 4WD pada bulan November 2005. MS sendiri memiliki kepanjangan “Midship”, berbeda dengan AR chassis yang memiliki kepanjangan “Aero Racing”.

Chassis ini dapat memiliki predikat sebagai pelopor karena salah satu fitur utamanya kompatibel dengan dinamo double-shaft.

Dinamo double-shaft sendiri adalah dinamo yang dapat langsung menggerakkan baik roda depan maupun roda belakang Tamiya. Di sisi lain, dinamo single-shaft hanya menggerakkan keempat roda lewat propeller shaft dengan persebaran tenaga yang kurang merata.

Meski begitu, bukan berarti dinamo single-shaft lebih inferior dari double-shaft, ya. Tentu ada kelebihan dan kekurangan masing-masing di antara dua tipe dinamo ini. Pada intinya, jenis sasis MS Tamiya ini akan sangat bagus jika kamu pair dengan dinamo double-shaft.

Kelebihan MS Chassis Tamiya

Omong-omong soal kelebihan, satu hal yang benar-benar mencuri perhatian dari chassis ini adalah komponennya yang terdiri dari tiga bagian, yakni depan, tengah, dan belakang. Hal ini membuat bagian chassis tersebut bisa kamu otak-atik sesuai kebutuhan supaya performanya optimal.

Transfer kekuatan di chassis ini jadi lebih merata berkat dinamo double-shaft yang terletak tepat di bagian tengah chassis. Tidak hanya itu, ukuran wheelbase MS Chassis Tamiya yang hanya sebesar 80 mm membuatnya menjadi sangat cocok untuk sirkuit dengan banyak cornering.

Baca Juga :   Tamiya Super XX Chassis: Spesifikasi dan Kelebihannya

Spesifikasi MS Chassis Tamiya 

Dengan panjang wheelbase dengan kisaran 80 mm, sasis MS Tamiya memiliki panjang total sebesar 154 mm jika memiliki moncong tipe N-01 dan lebar sebesar 92 mm. Berat chassis ini adalah 70 gram jika tanpa baterai dan sekitar 124 gram jika menggunakan baterai.

Chassis ini membutuhkan driveshaft atau drat sepanjang 60 mm, dan rasio gear Tamiya yang cocok untuk chassis ini berkisar pada 4:1, 3,7:1, dan 3,5:1.

Sudah Lebih Tahu Tentang MS Chassis Tamiya List?

Dengan spesifikasi yang sangat mumpuni, sasis MS Tamiya dapat melahap trek dengan banyak tikungan dengan akselerasi dan performa yang memuaskan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *