Mengenal Chassis Tamiya FMA, Spesifikasi, dan Kelebihan

Mengenal Chassis Tamiya FMA, Spesifikasi, dan Kelebihan

Merakit Tamiya memang menyenangkan. Bahkan untuk kompetisi dan friendly match memang memerlukan berbagai perhitungan untuk bisa melaju dengan kencang dan menang. Mungkin kamu masih sering bingung memilih chassis apa yang pas untuk Tamiya kamu. Ada baiknya kamu mencoba merakit Tamiyamu dengan chassis FMA.

Mengapa harus chassis ini? Yuk, bahas sampai tuntas.

Apa Itu Tamiya Chassis FMA?

Pada dasarnya, kerangka tipe FMA merupakan singkatan dari ‘Front Midship Aero’. Pasalnya, pada tanggal 11 dan 12 Mei 2017, Tamiya merilis chassis ini untuk seri Mini 4WD secara resmi di Shizuoka Hobby Show ke-56. 

Selain itu, Seri Rowdy Bull Mini 4WD merupakan Tamiya pertama kali yang menggunakan chassis ini.

Keunggulan Tamiya Chassis FMA

Secara umum, kerangka Tamiya tipe FMA ini hampir mirip dengan tipe AR dan MA. Yang membedakan ialah bumper depan dan penahan belakangnya mengalami perubahan. 

Selain itu, perubahan pada penahannya diperpanjang dan diperlebar agar Tamiya dapat menikung lebih mulus dan stabil ketika melaju di track tikungan. Serta pemasangan suku cadangnya yang lebih baik.

Chassis AR dan chassis MA memiliki penahan belakang yang tidak dapat dilepas. Sementara itu, Mini 4WD FMA chassis berbeda karena memiliki penahan belakang yang opsional untuk dilepas pasang. Tentunya, hal ini juga menjadi salah satu keunggulan pada kerangka Tamiya tipe FMA.

Selanjutnya, subframe dan pelindung sampingnya memakai lubang pemasangan di atas yang terintegrasi untuk pemasangan yang lebih  baik dan cepat.

Skid bar depan terbuat dari polioksimetilen yang dipasang di bawah bumper depan. Hal ini untuk memberikan perlindungan frontal terhadap permukaan track dan memperlambat Tamiya di lereng.

Baca Juga :   Chassis MA Tamiya: Pengertian, Keunggulan, dan Spesifikasi

Kemudian, tipe FMA juga mempunyai penahan belakang 2 hardpoint lepas pasang untuk mempermudah pengguna. Dengan memiliki bagian berbentuk built-in di bawahnya, berfungsi untuk menstabilkan Tamiya saat mendarat.

Spesifikasi Chassis Tamiya FMA

Selanjutnya, untuk spesifikasi dari komponen Tamiya ini antara lain:

  • Panjang frame: 156 mm
  • Lebar: 97 mm
  • Tinggi: 43 mm
  • Wheelbase: 83 mm
  • Ground Clearance: 2.5 mm
  • Panjang Driveshaft: 60 mm
  • Kompatibel Gear Set: 5:1, 4.2: 1, 4:1, 3.7: 1, atau 3.5: 1
  • Tipe Terminal : Type-X
  • Berat : tanpa baterai 71g, dengan baterai 117g

Sudah Tahu Tentang Chassis Tamiya FMA?

Nah, itulah penjelasan kerangka Tamiya tipe FMA yang perlu kamu ketahui dari keunggulannya serta spesifikasinya. Selanjutnya, kamu mungkin juga tertarik menggunakan tipe super 2 chassis untuk kamu rakit pada Tamiyamu sebagai pembanding kerangka FMA ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *