Apa Itu Discharger Baterai Tamiya? Fungsi dan Cara Membuatnya!

Apa Itu Discharger Baterai Tamiya_ Fungsi dan Cara Membuatnya

Salah satu cara untuk memaksimalkan performa baterai adalah dengan alat yang bernama discharger baterai Tamiya. Nah, alat seperti apakah itu? Berikut ini terdapat pembahasan lengkap mengenai apa itu discharger baterainya beserta fungsi dan juga cara membuatnya. Simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

Apa Itu Discharger Baterai Tamiya?

Discharger merupakan alat yang berguna untuk menguras voltase atau tegangan yang ada di dalam baterai. Alat ini biasanya sudah menjadi satu paket dengan charger baterai Tamiya. Dalam satu charger tersebut, ada fitur di mana kamu bisa melakukan pengisian atau pengurasan baterai sesuai dengan kebutuhan kamu.

Fungsi Discharger Baterai Tamiya

Kemudian mengenai fungsinya sendiri, discharger ini punya peranan yang sangat penting. Fungsi utamanya adalah untuk mengosongkan tegangan yang ada di dalam baterai. Hal ini berguna untuk memaksimalkan kondisi baterai sehingga tidak terjadi penumpukan sisa daya yang dapat menurunkan performa baterai nantinya.

Cara Membuat Discharger Baterai Tamiya

Karena perannya yang sangat penting, mungkin kamu kepikiran untuk memiliki atau bahkan membuat sendiri alat discharger ini. Tapi kamu sendiri merasa ragu dan bingung bagaimana caranya membuat alat discharger ini. 

Berita baiknya adalah berikut ini terdapat cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat alat discharger.

Yang pertama adalah siapkan bohlam lampu, solder, dan juga kabel konektor baterai Tamiya. Hubungkan ujung kabel satu ke bagian bawah bohlam lampu. Kemudian hubungkan juga ujung kabel lainnya ke bagian samping pada kuningan di bagian bawah bohlam lampu.

Setelah itu, kamu bisa menghubungkan konektor ke baterai Tamiya milik kamu. Dan setelah itu, kamu akan melihat bohlam lampu menyala dan akan menghabiskan sisa sisa daya yang tersimpan di dalam baterai tersebut hingga benar-benar bersih tak tersisa.

Baca Juga :   Charger Baterai Tamiya Terbaik Paling Rekomendasi!

Sudah Mengenal Tentang Discharger Baterai Tamiya?

Nah, kurang lebih seperti itu pembahasan mengenai discharger baterai pada mini 4WD ini. Untuk penggunaannya sendiri, akan sangat baik jika kamu gunakan sebelum mulai mengisi ulang baterai. Jadi, pastikan baterai Tamiya dalam kondisi kosong terlebih dahulu sebelum kamu mulai mengisi baterainya kembali.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *