Gear Tamiya: Fungsi, Ratio, dan Jenis-jenisnya Lengkap

Gear Tamiya: Fungsi, Ratio, dan Jenis-jenisnya Lengkap

Sekarang akan mengulas seputar gear Tamiya. Dalam menekuni hobi Mini 4WD, kamu harus memahami jika terdapat salah satu komponen penting yang berperan sebagai penggerak mobil. Komponen tersebut yaitu gear atau gir.

Sampai saat ini, Tamiya telah banyak memproduksi berbagai macam serta tips gir. Setiap gir tersebut mempunyai rasio serta karakteristik yang tidak sama antara satu dengan gir yang lainnya.

Untuk membuatmu lebih mengenal seputar gir Tamiya, berikut ini penjelasannya. Dengan begitu, kamu dapat memilih gir yang tepat sesuai dengan kondisi track yang akan dilalui mobilmu nanti.

Apa Itu Gear Tamiya? 

Gear Tamiya merupakan komponen yang sangat penting dan berperan sebagai penggerak mobil selama perlombaan. Seperti penjelasan di awal, Tamiya telah memproduksi banyak gir dari beragam jenis.

Masing-masing jenisnya mempunyai rasio serta ciri khas yang berbeda. Pemilihannya pun harus benar-benar kamu perhatikan karena bisa memengaruhi peluang mobil Mini 4WD yang kamu miliki untuk menjadi pemenang.

Fungsi Gear Dinamo Tamiya 

Bagaimana dengan fungsinya? Fungsi gir Tamiya yaitu menghasilkan gerak pada roda. Untuk sumber geraknya berasal dari motor penggerak. 

Gir juga menjadi komponen penting dalam perannya untuk mentransmisikan daya. Biasanya gir tersebut juga akan terhubung dengan gir yang lainnya untuk bisa mengirimkan torsi.

Jenis-Jenisnya

Sementara untuk macam macam gear Tamiya antara lain:

1. Gir Tamiya Sloop

Untuk jenis gir yang pertama adalah gear Tamiya sloop. Ini merupakan jenis yang paling umum kamu temukan pada mobil-mobil Mini 4WD standar. Bentuknya saja memang terlihat sangat sederhana.

Baca Juga :   Seperti Apa Settingan Gear Banci Tamiya dan Contohnya

Biasanya gir sloop dijadikan sebagai pilihan untuk rasio gir 5:1. Pemilihan sloop dapat memberikan efek dinamo yang lebih sedikit. Mobilmu juga akan lebih stabil sehingga pemilihan sloop cocok untuk track teknikal.

2. Floating

Sebenarnya perbedaan antara gir sloop serta floating terletak pada bentuknya. Untuk gir floating terdapat bagian tertentu di bagian tengahnya. Biasanya terdapat penambahan berupa double bearing.

Untuk harganya sudah tentu lebih mahal. Selain itu, gir floating juga biasanya dipilih untuk penggunaan rasio 3.5:1. 

Ratio Gear Tamiya

Untuk rasio gir Tamiya sendiri terdiri dari:

1. Rasio 5:1

Untuk jenis yang pertama ini mampu menghasilkan lebih banyak tarikan atau akselerasi di awal. Keunggulannya adalah mobilmu bisa lebih stabil. Pemilihan rasio 5:1 cocok untuk lintasan tekniknal.

Keunggulan lainnya, rasio 5:1 mampu memberikan efek dinamo lebih sedikit dalam menerima beban. Hal ini juga membuat konsumsi baterai menjadi lebih irit.

2. Rasio 4:1

Rasio 4:1 merupakan pilihan yang tepat jika kamu balapan pada lintasan yang memang membutuhkan kecepatan tinggi. Itu artinya, kecepatan mobilmu akan lebih baik dari pada menggunakan pengaturan rasio sebelumnya.

Akan tetapi, meskipun Mini 4WD yang kamu miliki lebih cepat, konsumsi baterai juga lebih banyak. Dengan kata lain, rasio 4:1 boros baterai sehingga kamu perlu memperhatikan betul daya tahan baterai yang kamu gunakan.

3. Jenis Rasio 3.5:1

Bagaimana dengan rasio 3.5:1? Jika kamu balapan pada kondisi track yang naik turun, maka pilihlah rasio tersebut. Mungkin kamu bermaksud untuk mengurangi kecepatan mobilmu tapi tetap bisa memberikan stabilitas. 

Mobil yang kamu miliki tersebut akan mampu stabil selama berada di lintasan. Jadi bukan terlalu fokus pada kecepatan karena kondisi track yang lebih banyak tikungan daripada lintasan lurus.

Baca Juga :   Mengenal Apa Itu Pinion Gear Tamiya Beserta Tipsnya

Kesimpulan

Sekian pembahasan terkait jenis serta rasio gir Tamiya. Jadi, pemilihan gir tersebut memang harus menyesuaikan kondisi track yang akan dilalui Tamiya ketika balapan. Maka dari itu, pastikan kamu melakukan setting gear Tamiya secara tepat. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *