Evolusi dan Jenis Lengkap dari Tamiya Magnum Series

tamiya magnum

Kamu yang pernah menikmati kartun di Minggu pagi tentu tidak asing dengan Tamiya Magnum. Jenis Tamiya Magnum merupakan seri mini 4WD yang populer. Evolusi mini 4WD ini juga beragam, seperti Tamiya Magnum Saber dan Victory Magnum. Mari bahas lebih dalam tentang seri mini 4WD legendaris satu ini, yuk!

Apa Itu Tamiya Magnum Series?

Populer berkat anime Let’s & Go, Tamiya Magnum merupakan seri 4WD protagonis dengan karakteristik performa tinggi. Magnum Saber merupakan seri pertama yang muncul sebagai mini 4WD jagoan di layar kaca bersama Tamiya Sonic Saber. 

Karakteristik utama dari seri mini 4WD ini datang dari paduan warna biru dan putih yang mencolok. Jadi kamu pasti mudah mengetahui mana Magnum di lintasan. Selain itu, secara desain, mobil mini 4WD ini dikenal jago di lintasan lurus. Mari mengenal seri mini 4WD Magnum lebih lengkap. 

Jenis Evolusi Tamiya Magnum Series

Berikut adalah penjabaran mengenai jenis serta evolusi dari mini 4WD Magnum, antara lain:

1. Magnum Saber 

Sebagaimana yang kamu ketahui di atas, jenis Saber merupakan cikal bakal dari evolusi Magnum Tamiya di dunia. Secara desain, mini 4WD ini merupakan jenis full-cowled. Jenis tersebut mengacu pada body yang menutup secara keseluruhan chassis dengan tambahan roller di bagian spoiler belakang untuk penyeimbang. 

Baca Juga :   Jenis-Jenis Tamiya Tokichi: Spin Axe, Spin Cobra, dan Spin Viper

2, Tamiya Victory Magnum 

Untuk jenis yang kedua ini datang dengan nama Victory di depannya. Sebagai sebuah inovasi, body mini 4WD satu ini memiliki rancangan yang menunjukkan sifat aerodinamis dan terlihat lebih ramping dari versi sebelumnya. Selain itu, spoiler yang bercabang seperti huruf V juga menambah kesan agresif dari Victory Magnum ini. 

3. Fighter Magnum VFX 

Meskipun tidak tampil di tayangan anime Let’s & Go, Fighter Magnum VFX merupakan modifikasi dari Tamiya Victory Magnum. Secara tampilan, perubahan paling mencolok datang dari paduan warna dan spoiler yang mengutamakan downforce. Selain itu, jenis mini 4WD seri Magnum ini juga punya bobot yang lebih rendah dari versi sebelumnya.  

4. Cyclone Magnum 

Cyclone merupakan evolusi ketiga dari seri mini 4WD ini. Berbeda dengan Fighter yang sekadar modifikasi. Cyclone Magnum memiliki desain baru yang lebih agresif. Body dan chassis-nya lebih ramping untuk meningkatkan performa kecepatan di lintasan. Untuk versi ini, paduan warna putih dan biru masih dominan. 

5. Tamiya Cyclone Magnum TRF 

Selain versi standar, ada juga seri TRF dari Cyclone Magnum. TRF singkatan dari Tsuchiya Racing Factory. Seri ini diperkenalkan sebagai versi khusus balapan dari Cyclone. Dalam versi ini, ada modifikasi yang bisa kamu lihat dengan jelas. Pertama, ukuran ban jadi lebih besar dan body pun memiliki lubang udara untuk aerodinamika. 

6. Tamiya Beat Magnum 

Dalam serial anime Let’s & Go, Beat Magnum merupakan evolusi terakhir dari lini Magnum. Masih tetap mempertahankan kecepatan. Namun, keseimbangan chassis dan body ditingkatkan agar membuat mini 4WD ini tidak terlempar jauh ke lintasan. Penempatan spoiler juga lebih tinggi dibandingkan jenis Magnum lainnya. 

Baca Juga :   Mengenal Apa Itu Tamiya Buck Blader dan Cara Merakitnya

7. Beat Magnum TRF 

Beat Magnum juga mendapatkan seri TRF. Dengan kata lain, versi Magnum ini mendapatkan modifikasi untuk balapan. Sama halnya dengan versi Cyclone, diameter ban dan body mendapatkan modifikasi yang signifikan. Namun untuk versi ini, warna putih lebih mendominasi daripada warna biru.

Modifikasi lainnya juga terlihat pada spoiler. Masih berukuran sama, namun Tamiya Magnum versi balap ini memiliki dua garis pemisah. Layaknya mobil Formula 1. Suspensi di bagian body dan chassis juga dibuat lebih besar dari sebelumnya. 

8. Beat Magnum GPA 

Selain versi TRF, Beat Magnum juga punya variasi modifikasi balap lainnya. Bernama Beat Magnum GPA, versi ini merupakan modifikasi akhir yang paling canggih dari jenis Magnum lainnya. Spesifikasi untuk seri grand prix Tamiya menjadi basis dari landasan desain mini 4WD satu ini. 

Tidak berhenti di situ, modifikasi ini juga dilengkapi dengan GP Chip. Perangkat tersebut mampu meningkatkan performa mini 4WD sekaligus menyimpan data untuk analisis dalam menemukan penyesuaian paling tepat di setiap lintasan balap. Selain itu, dinamo atau motor standar tidak bisa kamu pasang ke mini 4WD seri GPA. 

9. Bison Magnum 

Bison merupakan jenis Magnum yang dirilis sebagai bentuk perayaan seri mini 4WD tersebut. Secara desain, Bison Magnum punya kemiripan dengan seri Tamiya Magnum Saber. Namun, garis aerodinamis mini 4WD ini tampil lebih agresif dari versi originalnya. Mini 4WD satu ini pertama kali muncul di tahun 2007. 

Sudah Lebih Mengenal Evolusi dari Tamiya Magnum

Dengan banyaknya variasi Magnum saat ini, kamu tentu bisa mengharapkan akan ada modifikasi atau perubahan lainnya dari lini mini 4WD legendaris ini. Sebagai pecinta mini 4WD, kamu bahkan bisa memodifikasi sendiri Magnum milikmu untuk membuatnya lebih agresif di lintasan. Mulai dari body, chassis, hingga performa! 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *