Evolusi dan Jenis Lengkap dari Tamiya Sonic Series

Evolusi dan Jenis Lengkap dari Tamiya Sonic Series

Apakah kamu penggemar Tamiya Sonic? Jika kamu mengikuti tayangan animasi Tamiya, pasti kamu tidak asing dengan mobilnya “Retsu” ini. Kakak dari “Go” ini memiliki mobil legendaris yang hadir dengan kecepatan tinggi. 

Selain itu, mobil tersebut juga memiliki desain keren di mana Retsu sendiri kerap memenangkan turnamen. Berikut pembahasan selengkapnya seputar mobil andalan milik Retsu.

Apa Itu Tamiya Sonic Series?

Tamiya Sonic merupakan mobil mini 4WD yang berfokus pada kecepatan. Mobil ini mempunyai kecepatan super sonic sehingga memang mampu menyulitkan lawan-lawannya. Perlu kamu tahu bahwa mobil tersebut telah mengalami beberapa evolusi. 

Jenis Evolusi Tamiya Sonic Series

Berikut ini pembahasan seputar apa saja jenis-jenis Tamiya Sonic yang harus kamu ketahui. 

1. Tamiya Sonic Saber

Mobil ini menggunakan chassis tipe Super-1 serta memiliki roller yang memakai cincin karet. Kemudian untuk roda kuning neonnya dipasang menggunakan slick. Dua roda gigi yang terdapat di mobil tersebut lebih berfokus untuk memberikan kecepatan sehingga membuat performanya lebih cepat.

Kemudian pada bodinya mempunyai sayap di bagian belakang. Desain seperti ini memberikan perbedaan ketika mobil tersebut berada di tikungan. Selain itu, mobil ini mempunyai panjang 137 mm, lebar 90 mm, serta tinggi 44 mm.

2. Tamiya Vanguard Sonic

Evolusi yang kedua ini mempunyai panjang 150 mm. Untuk chassis yang digunakan adalah Super-II yang berbahan nilon. Bahan tersebut diperkuat dengan serat karbon yang berwarna hitam.

Baca Juga :   Mengenal Apa Itu Tamiya Buck Blader dan Cara Merakitnya

Bahan yang sama juga kamu temukan pada roda yang memberikan daya cengkram lebih kuat di lintasan. Selanjutnya untuk penahan baterai serta penahan di bagian belakang menggunakan bahan ABS sehingga memberikan tampilan visual lebih jelas.

3. Tamiya Hurricane Sonic

Kemudian evolusi mobil Sonic berikutnya adalah Hurricane Sonic. Mobil ini mempunyai fitur yang lebih lengkap. Misalnya sayap yang akan menghubungkan penutup roda depan. Kemudian ada juga sayap di bagian belakang yang berukuran besar.

Selain itu, desainnya jadi tampil semakin menarik dengan adanya stiker metalik. Mobil ini memakai chassis AR yang akan memberikan daya lebih kuat. Keunggulan berikutnya adalah mobil ini menawarkan perawatan yang terbilang mudah. 

Di samping itu, chassis AR yang aerodinamis juga turut menambah performa mobil ini ketika berada di track atau lintasan. 

Kemudian, bentuk aerodinamis tersebut juga menghadirkan keunggulan yang lain. Mobil ini membuat angin mengalir lebih bebas melewati interior ketika mini 4WD sedang berjalan atau melaju. 

Kondisi ini juga mampu mendinginkan baterai serta mesin mobil tersebut. Jadi, performanya pun tetap terjaga selama di lintasan. Adapun panjang Hurricane Sonic yaitu 155 mm, lebar 97 mm, serta tinggi 40 mm.

4. Buster Sonic

Pada Tamiya Sonic yang keempat ini memakai chassis Super TZ. Jika kamu perhatikan, diameter bannya cenderung lebih besar sehingga mampu memberikan keseimbangan secara lebih baik. Kemudian pada penutup depan maupun belakangnya mempunyai bagian cutaway.

Di bagian belakangnya juga terdapat sayap besar yang terintegrasi sehingga ketika berbelok mobil ini lebih stabil. Kemudian untuk panjangnya 148 mm, lebar 90 mm, serta tinggi 44 mm.

5. Blitzer Sonic

Mobil ini juga hadir dengan chassis AR yang memberikan efisiensi lebih baik serta dukungan desain aerodinamis. Kita tahu chassis AR memang dirancang sehingga mampu memberikan daya lebih baik. Kemampuannya mampu menyesuaikan dengan kondisi lintasan balapan.

Baca Juga :   Jenis-Jenis Tamiya Tokichi: Spin Axe, Spin Cobra, dan Spin Viper

Selain itu, chassis AR juga mampu memberikan kecepatan lebih baik pada mobil. Tipe Blitzer ini mempunyai rasio gigi 4.2:1. Untuk panjang mobil tersebut kurang lebih 155 mm, lebar 97 mm, serta tinggi 44 mm.

6. Tamiya Rodeo Sonic

Evolusi Tamiya Sonic berikutnya adalah Rodeo. Dari desainnya memang berbeda dari penerus sebelumnya. Ukuran ban yang lebih besar membuat mobil ini memiliki keseimbangan lebih baik.

Kemudian di bagian depan terdapat bumper dengan desain yang gagah. Sementara itu, sayap belakangnya juga mampu menjaga performa mobil tersebut, terutama ketika melaju kencang.

Sudah Lebih Mengenal Evolusinya Sekarang?

Sudah paham tentang seperti apa evolusi dari Sonic? Sebenarnya Tamiya lainnya pun juga mengalami evolusi. Jika kamu mengikuti filmnya, Magnum, dan Tokichi Tamiya pun juga mengalami hal yang sama. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *