Mengenal Apa Itu Tamiya STB, Jenis, dan Peraturannya

Mengenal Apa Itu Tamiya STB, Jenis, dan Peraturannya

Pernah mendengar istilah Tamiya STB? Seorang yang suka bermain Tamiya dan ingin mengikuti kompetisi harus memahami setiap kelas balapan. Ini sangat penting agar kamu bisa mengikuti kompetisi sesuai dengan tingkatanmu. Tentu akan kesulitan ketika seorang pemula harus ikut kompetisi Tamiya kelas profesional.

Apa Arti STB dalam Tamiya?

Sebenarnya STB merupakan sebuah singkatan. Istilah tersebut asalnya dari tiga kata yaitu Standar Tamiya Box. Artinya, mobil yang memperoleh izin untuk mengikuti balapan adalah Tamiya yang termasuk stock class atau bawaan pabrik.

Kelas Standar Tamiya Box ini sangat sesuai bagi kamu yang baru menekuni dunia Mini 4WD. Mengapa? Karena mereka yang mengikuti perlombaan tersebut merupakan orang-orang yang lebih mengandalkan keberuntungan. Selain itu, sparepart yang boleh kamu gunakan hanya yang terdapat di dalam kotaknya.

Secara motor atau mesin 4WD, jelas kamu tidak boleh mengubah atau menggantinya. 

Jenis STB Terbaik

Di bawah ini adalah jenis-jenis STB yang perlu kamu pahami, yakni:

1. Tamiya STB Murni

Jenis yang pertama dari sebuah perlombaan mobil Tamiya adalah STB murni. Sesuai dengan namanya, di sini mobil Tamiya milikmu harus balapan dengan kondisi yang sebenarnya. Kamu tidak boleh melakukan perubahan atau modifikasi terhadap mobilmu tersebut.

Jadi, para pemilik Tamiya harus mulai berlomba dengan kondisi mobilnya seperti ketika mereka pertama kali membelinya dari toko. Kamu tidak diperbolehkan menambah, mengganti, maupun memodifikasi bagian mana pun. Termasuk tidak boleh mengganti mesin.

Baca Juga :   Tips Tamiya STB agar Lebih Stabil dan Cepat di Lintasan

Namun inilah letak yang menjadi letak keseruan. Kenapa? Mobilmu akan bertanding secara lebih adil.

2. Tamiya STB Plus

Jenis Standar Tamiya Box yang kedua bernama STB Plus atau STB+. Sebenarnya STB+ ini juga ada yang menamainya sebagai Standar Tamiya Cross Box alias STBC. Biasanya orang-orang yang sudah ikut kompetisi STB, mereka ingin beralih ke kelas yang lebih seru dan menantang seperti ke STB+.

Letak perbedaan dari kelas sebelumnya adalah pada aturannya. Untuk STB+, para pemilik Tamiya memiliki kewenangan untuk melakukan perubahan sedikit baik sifatnya modifikasi maupun menambah sparepart pada Mini 4WD miliknya. 

Secara umum, modifikasi maupun perubahan yang boleh dilakukan misalnya memberikan roller tambahan. Bisa juga dengan menukar part asalkan pada tipe chassis yang sama. 

3. Tamiya STB Pro

Jenis yang ketiga adalah STB Pro. Ketika kamu merasa STB+ sudah membuatmu bosan, mungkin kamu bisa beralih ke jenis atau kelas yang lebih tinggi ini. 

Setiap kelas pada dasarnya mempunyai aturan yang berbeda. Untuk kelas pro ini, kamu memiliki lebih banyak kewenangan untuk melakukan modifikasi pada mobilmu. 

Ini merupakan kelas di mana para profesional mengadu Mini 4WD mereka untuk menjadi yang terbaik. Jadi, kamu bisa melakukan modifikasi atau penambahan sesuai yang kamu inginkan.

Peraturan Lomba Standart Tamiya Box

Secara umum, beberapa peraturan yang perlu kamu perhatikan yaitu:

  • Mobil yang kamu mainkan harus merek Tamiya.
  • Part yang kamu pilih agar bisa mendukung performa Mini 4WD milikmu harus bawaan box. Kamu tidak boleh memakai grade-up parts. Jika memang boleh memakai grade-up parts-nya, kemungkinan harus mempunyai bahan, bentuk, maupun spesifikasi sama persis seperti part bawaan di box.
  • Kit seperti Thunder Boomerang, Strato Vector, maupun Black Stalker telah dilengkapi ball bearing roller. Terkait kit ini, kamu boleh memakainya asalkan tanpa bearing karena dianggap bukan part standar.
  • Keempat roda harus 4WD alias bergerak semua.
  • Tidak boleh menggunakan ban yang telah dibubut maupun ban yang diameternya sudah kamu ubah.
  • Mesin Pro atau double shaft hanya boleh kamu gunakan pada kit pro. Seperti halnya mesin single shaft tidak boleh kamu gunakan pada kit pro.
  • Secara umum, penentuan part diperbolehkan cross-box. Misalnya, kamu menggunakan kit AR pada rubber roller bawaan untuk kit Super-1.
  • Mesin yang kamu gunakan maksimal berasal dari seri Tuned (Rev, Torque, maupun Atomic Tuned). Meskipun banyak yang tetap menggunakan mesin standar sesuai bawaan box.
Baca Juga :   Mengenal Tamiya Lord Knight : Penjelasan Dan Spesifikasinya

Sudah Lebih Mengenal STB?

Demikian informasi tentang Standar Tamiya Box. Informasi lain yang juga tidak kalah penting yaitu kamu perlu memahami bagaimana langkah-langkah untuk setting Tamiya STB. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *