Mengetahui Cara Bubut Ban Tamiya, Fungsi, dan Alatnya

Mengetahui Cara Bubut Ban Tamiya, Fungsi, dan Alatnya

Layaknya modif mobil sungguhan, segala trik dan cara dilakukan oleh penggemar Tamiya untuk meningkatkan performa dari Mini 4WD kesayangan mereka. Salah satu metode untuk membuat Tamiya makin jago adalah dengan menerapkan cara bubut ban Tamiya dengan baik dan benar.

Apa Itu Bubut Ban Tamiya?

Kamu mungkin pernah mendengar istilah “bubut” dalam dunia furnitur atau konstruksi sebelumnya, tapi ternyata bubut juga tidak terlalu asing lho di dunia Tamiya. Tidak hanya membersihkan ban Tamiya, cara bubut ban Tamiya ternyata juga sering menjadi metode untuk merawat ban Tamiya.

Bubut ban Tamiya adalah proses untuk mempertipis dan meratakan ban Tamiya yang awalnya memiliki bentuk permukaan menonjol. Proses bubut ini tidak bisa asal-asalan, makanya kamu perlu tahu langkah membubut ban Tamiya dengan benar.

Fungsi Bubut Ban Tamiya

Lantas apa sebenarnya kegunaan ataupun fungsi dari bubut ban Tamiya ini? Jadi, dengan membubut ban Tamiya, permukaan ban yang awalnya tinggi bisa menjadi rata. Berbeda dengan ban motor yang harus mengalami pengisian angin kalau sudah kempes atau rata, ban Tamiya yang rata ternyata memiliki keunggulan, loh.

Permukaan ban yang rata membuat akselerasi Tamiya terjaga ketika berada di trek dengan banyak loncatan. Tidak hanya itu, Tamiya juga lebih stabil alias tidak mudah terpental ke luar sirkuit. Makanya, cara bubut ban Tamiya ini sangat penting untuk kamu ketahui.

Alat Bubut Ban Tamiya

Untuk mempraktikkan proses pembubutan ban Tamiya, kamu membutuhkan mesin yang memiliki dinamo untuk menggerakkan ban yang nantinya akan kamu pahat menggunakan modeler knife. Selain itu, alat bubut ban Tamiya lainnya yang tidak kalah penting adalah jangka sorong untuk mengukur diameter ban secara presisi.

Baca Juga :   Cara Setting Ban Tamiya agar Performanya Lebih Baik

Cara Bubut Ban Tamiya dengan Benar

Pertama-tama, kamu harus memasang ban di pada mesin bubut ban Tamiya. Selanjutnya, kamu dapat menyalakan mesin sehingga ban dapat berputar.

Ketika ban sudah berputar, kamu dapat mendekatkan modeler knife pada permukaan ban Tamiya. Lakukan secara hati-hati agar permukaan ban tidak rusak.

Tahap yang harus kamu perhatikan dalam membubut ban Tamiya adalah mengukur diameter secara berkala menggunakan jangka sorong. Jika dirasa sudah cukup rata, maka proses pembubutan ban Tamiya bisa kamu hentikan.

Sudah Paham Cara Bubut Ban Tamiya?

Semoga dengan artikel ini, performa ban kamu bisa lebih oke nantinya dan dapat melibas jenis sirkuit yang penuh loncatan. Ingat, lakukan pembubutan ban dengan hati-hati agar permukaannya tidak rusak.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *