Break In Dinamo Tamiya: Pengertian, Fungsi, Alat, dan Cara Pakainya

Break In Dinamo Tamiya: Pengertian, Fungsi, Alat, dan Cara Pakainya

Alat break in dinamo Tamiya merupakan salah satu komponen penting dalam dunia pecinta Tamiya balap. Pasalnya dinamo Tamiya yang telah mengalami break in memiliki kecepatan yang lebih optimal. Tak heran para hobies rela mempelajari cara break in dinamo Tamiya, untuk menciptakan dinamo Tamiya tercepat.

Apa itu Break In Dinamo Tamiya?

Break In Dinamo Tamiya

Secara teori, break in adalah upaya peningkatan kecepatan Tamiya dengan menggunakan mesin break in yang memaksa dinamo bekerja optimal. Konsepnya sama dengan memanaskan dinamo sebelum penggunaan menggunakan putaran tinggi.

Hal ini akan membuat jalur ke komutator dinamo yang membuat brush lebih menempel sempurna, memicu cekungan jalur, dan membuat distribusi arus listrik lebih optimal. Sedangkan untuk kecepatan Tamiya sangat tergantung pada cara menggulung dinamo Tamiya yang kamu lakukan.

Kecepatan konstan memang sangat penting untuk Tamiya mini 4WD, apalagi untuk jenis Tamiya kontes atau balap. 

Pada dasarnya komponen pabrikan sebenarnya juga banyak yang berkualitas, namun satu brand yang sama terkadang bisa menghasilkan spek yang berbeda. Hal ini menjadikan break in menjadi sesuatu yang penting.

Fungsi Melakukan Break In pada Dinamo Tamiya

Fungsi Melakukan Break In pada Dinamo Tamiya

Fungsi break in dinamo Tamiya sendiri adalah untuk memaksimalkan kecepatan konstan pada Tamiya saat balapan. Pasalnya metode break ini juga menjadi dasar pembuatan dinamo setan, yang bahkan bisa mencapai kecepatan 40km/jam untuk setelan pabrik.

Dengan mempelajari penggunaan alat break in dinamo Tamiya, para penghobi bisa juga mempelajari cara memperbaiki dinamo Tamiya yang mati secara mandiri. Pasalnya komponen break in pabrikan seperti dinamo Dash, dinamo tamiya STB dan dinamo tamiya STO masih memiliki banyak celah dan kekurangan.

Baca Juga :   Pelumas Dinamo Tamiya Terbaik dan Cara Penggunaannya

Karena walaupun kualitas dinamo pabrikan cukup bagus dan berkarakter, namun dinamo baru biasanya putarannya belum stabil dan kurang halus. Hal ini membuat komponen jadi cepat rusak bahkan meledak. Oleh karena itulah cara break in dinamo Tamiya harus kamu pelajari.

Alat Break In Dinamo Tamiya

Alat Break In Dinamo Tamiya

Pada dasarnya untuk melakukan break in Tamiya kamu butuh sebuah alat bantu karena akan membutuhkan waktu yang lama jika kamu melakukannya dengan cara manual. Dengan alat khusus, kamu bisa melakukan proses ini dengan cepat.

Harga dari alat ini cukup bervariasi, tergantung spesifikasi, fitur, dan kapasitas lilitan. Untuk bawa pulang alat untuk break in dinamo, kamu hanya perlu menyiapkan budget pada kisaran harga Rp40.000 hingga Rp425.000. 

Hanya dengan sekali pembelian kamu bisa melakukan break in sesuka hati, selama mesin bisa beroperasi.

Cara Break In Dinamo Tamiya

Cara Break In Dinamo Tamiya

Jika kamu sudah memiliki mesinnya, kamu bisa lanjut melakukan break in dengan langkah ini:

  • Siapkan mesin break in, dinamo, dan motor holder (dudukan pada chasis).
  • Masukkan dinamo ke motor holder, pastikan cara memasang dinamo Tamiya sudah benar.
  • Pasang adaptor ke sumber listrik dan pasang capit ke terminal motor holder.
  • Beri pelumas dinamo Tamiya pada kedua sisi as dinamo.
  • Setting mesin lalu nyalakan mesin beberapa menit hingga suaranya halus.
  • Ulangi 2 step terakhir beberapa kali hingga dinamo siap kamu gunakan balapan.
  • Jangan lupa bersihkan dinamo dari pelumas dengan tisu dan contact cleaner untuk memastikan dinamo yang kamu gunakan benar-benar bersih.  
  • Kotoran dari proses break in dinamo bisa membuat putaran tidak maksimal.

Sudah Paham Break In pada Dinamo Tamiya?

Nah itulah beberapa info menarik mengenai alat break in dinamo tamiya, fungsi, dan cara menggunakannya. Walaupun break in merupakan hal penting dalam sebuah pertandingan, namun kamu juga harus memahami cara merawat dinamo Tamiya yang benar. Dengan begitu komponen yang kamu rakit bisa lebih lama berjalan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *