Cara Mudah Menggulung Dinamo Tamiya agar Kencang

Cara Mudah Menggulung Dinamo Tamiya agar Kencang

Cara menggulung dinamo Tamiya sangat berpengaruh pada performanya pada jalur lintasan. Dengan skema lilitan dinamo Tamiya yang tepat, kamu akan bisa mencapai kecepatan maksimal. Namun tahukah kamu bagaimana cara melilit dinamo Tamiya agar kencang? Simak artikel ini untuk jawaban yang kamu cari!

Hal Penting dalam Menggulung Dinamo Tamiya

Hal Penting dalam Menggulung Dinamo Tamiya

Dinamo Tamiya merupakan komponen paling penting dalam menggerakkan mainan ini. Oleh karena itu, banyak penghobi yang rela belajar cara melilit dinamo Tamiya super cepat. Namun untuk menciptakan dinamo Tamiya tercepat, kamu perlu memperhatikan beberapa hal penting ini:

1. Pemilihan Kawat

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah pemilihan kawat. Pasalnya, setiap kawat menghasilkan putaran dan performa yang berbeda. Untuk menciptakan kualitas dinamo setan, kamu bisa menggunakan kawat ukuran kecil, sehingga jumlah lilitan bisa lebih banyak.

2. Pemilihan Angkur

Angkur adalah sebuah komponen poros dari lilitan kawat pada dinamo. Beberapa jenis dinamo seperti dinamo dash memilih menggunakan angkur bilah 3. Pemilihan komponen ini dapat menentukan seberapa banyak lilitan kawat yang kamu butuhkan.

3. Pilih Magnet yang Kuat

Semakin kuat magnet yang kamu pilih, maka akan semakin bagus juga performa yang kamu hasilkan. Pasalnya dengan magnet yang kuat serta cara menggulung dinamo Tamiya yang benar, listrik dan putaran yang muncul bisa lebih maksimal.

Baca Juga :   Cara Memperbaiki Dinamo Tamiya yang Mati atau Rusak

4. Pastikan Melilitkan Kawat dengan Rapat

Banyak pemula yang gagal memaksimalkan kinerja dinamo karena kerapatan lilitan yang tidak stabil. Tak heran jika banyak yang memilih menggunakan dinamo pabrikan seperti dinamo Dash, dinamo tamiya STB, dan dinamo tamiya STO yang memiliki performa cukup kencang.

5. Melakukan Break In 

Walaupun terlihat sepele, tapi melakukan break in dapat meningkatkan kinerja dari dinamo. Bahkan selain tune up performa Tamiya, kamu bisa memanfaatkan alat break in dinamo Tamiya sebagai salah satu alat bantu perawatan komponen tamiya.

6. Menjaga Kebersihan Komponen

Setiap part yang kamu treatment dengan cara merawat dinamo Tamiya yang tepat, dapat memberikan performa yang lebih baik. Kamu bisa memberikan pelumas dinamo Tamiya dan juga contact cleaner untuk memastikan komponen senantiasa dalam kondisi bersih dan terawat.

7. Siapkan dan Pilih Alat Bantu yang Tepat

Dalam melakukan penggulungan dinamo, akan lebih mudah saat kamu menggunakan alat bantu. Namun kamu tidak bisa sembarangan pilih alat bantu. Pasalnya kamu harus bijak dalam memilih alat bantu sesuai porsi, fungsi, dan ukurannya.

Fungsi dan Manfaat Menggulung Dinamo Tamiya

Fungsi dan Manfaat Menggulung Dinamo Tamiya

Pada dasarnya kegiatan menggulung dinamo, bermaksud untuk meningkatkan performa dari dinamo bawaan pabrik. Terlepas dari kualitas sebuah brand yang sudah terkenal baik, namun ada satu dua komponen yang mengalami malfungsi. 

Tak heran jika banyak penghobi yang mendalami cara melilit dinamo Tamiya super cepat.

1. Tune Up Kecepatan Dinamo

Fungsi dan manfaat menggulung dinamo adalah untuk meningkatkan performanya. Hal ini berarti yang meningkat adalah daya putar yang dihasilkan dinamo untuk menjalankan Tamiya. Hal ini cukup penting apalagi jika Tamiya kamu tengah mengikuti sebuah perlombaan.

Baca Juga :   Cara Memasang Dinamo Tamiya yang Mudah dan Benar

2. Memperbaiki Dinamo yang Rusak

Manfaat kedua yang bisa kamu dapatkan adalah menggulung dinamo sebagai salah satu cara memperbaiki dinamo Tamiya yang rusak. Hal ini sangat berguna jika dinamo yang kamu punya memiliki part yang bagus namun rusak dan tidak bisa kamu gunakan lagi.

3. Penyaluran Hobi dan Sumber Penghasilan

Selain bermanfaat bagi diri sendiri, kegiatan ini juga bermanfaat bagi orang lain. Karena selain untuk menyalurkan hobimu, kegiatan ini juga bisa jadi sumber penghasilan. Walaupun pada dasarnya semua orang bisa mempelajarinya, namun tidak semua orang mau melakukannya.

Skema Lilitan Dinamo Tamiya

Pada proses menggulung dinamo, pastinya kamu tidak boleh asal melilitkan kawat pada angkur. Kamu harus memilih skema untuk kamu gunakan. Walaupun tidak terlalu signifikan, namun cara yang tepat bisa menghasilkan performa lebih maksimal. Berikut beberapa contoh skema lilitan pada gambar di bawah ini:

Skema Lilitan Dinamo Tamiya

Skema Lilitan Dinamo Tamiya

Cara Menggulung Dinamo Tamiya

Cara Menggulung Dinamo Tamiya

Untuk menghasilkan performa yang maksimal dan stabill, kamu bisa menggunakan cara ini:

  • Siapkan seluruh peralatan dan komponen yang kamu butuhkan seperti contoh kawat, angkur, alat pemotong, dan lain sebagainya.
  • Kupas ujung kawat yang akan kamu gulung ke angkur dengan cutter atau pisau yang sudah kamu sediakan.
  • Mulai melilitkan kawat dengan skema yang kamu pilih, berikan sedikit tarikan agar kawat terlilit dengan kuat dan rapi. Pastikan kerapatan lilitan sama dan jangan sampai putus atau terkelupas (untuk kawat tembaga berwarna).
  • Pilih magnet yang memiliki daya tarik yang kuat.
  • Setelah selesai melilit, tempel dengan alteco atau solder pada bagian ujung kawat.
  • Pasang dinamo dan lakukan tester, pastikan cara memasang dinamo Tamiya yang kamu lakukan sudah benar.
Baca Juga :   Dinamo Tamiya STB, Cara Memilihnya dan Rekomendasinya

Sudah Paham Cara Menggulung Dinamo Tamiya?

Nah, itulah cara menggulung dinamo Tamiya yang bisa buat performanya berada di atas angin. Jika kamu tidak yakin dengan lilitan yang kamu lakukan, kamu bisa menggunakan jasa lilit di penjual dinamo atau Tamiya. 

Kamu juga bisa belajar dan memulai dengan kawat berukuran besar, hingga terbiasa menggunakan ukuran kecil.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *