10 Macam Dinamo Tamiya Terbaik dengan Spesifikasi Super

10 Macam Dinamo Tamiya Terbaik dengan Spesifikasi Super

Mencari dinamo tamiya yang super cepat? Salah satu faktor penting yang membuatmu meraih kemenangan dalam kejuaraan balap tamiya adalah dinamo yang kamu gunakan. Dinamo atau motor akan membuat mobilmu mampu bersaing di lintasan.

Setiap dinamo mempunyai keunggulannya masing-masing. Jadi, kamu perlu memilih mana dinamo Mini 4WD yang akan kamu pasang untuk balapan.

Rekomendasi Dinamo Tamiya Terbaik Beserta Harganya

Berikut ini beberapa jenis dinamo tamiya terbaik dan powerful yang bisa jadi salah satu pilihanmu. Memasangnya pada tamiya akan membuat mobilmu melaju kencang.

1. Plasma Dash

Salah satu dinamo tamiya tercepat saat ini adalah Plasma Dash. Alasannya karena dinamo tersebut mempunyai kecepatan putaran mencapai 29.000 rpm jika tanpa beban. Ketika kamu memasangnya ke mobil tamiya, kecepatannya mencapai 25.000 rpm. 

Spesifikasi kecepatannya sudah cukup membuatmu meraih kemenangan di kejuaraan lomba tamiya. Kemudian untuk konsumsi baterainya berkisar 4.1 sampai 5.2 ampere. Untuk harganya berkisar antara Rp25.000 sampai Rp600.000.

2. Ultra Dash

Masih berkaitan dengan dinamo dash, sekarang ada Ultra Dash yang juga tidak kalah cepat dari jenis sebelumnya. Kecepatan putar tanpa beban Ultra Dash mencapai 29.000 rpm. Lalu ketika sudah terpasang di Mini 4WD, maka kecepatannya menjadi 24.000 rpm.

Salah satu keunggulan Ultra Dash yaitu konsumsi baterainya cukup rendah. Dinamo yang powerful ini memerlukan 4.0 sampai 5.0 ampere. Dengan begitu, kamu tidak perlu sering-sering mengganti baterai. Adapun harganya berkisar Rp80.000 sampai Rp560.000.

Baca Juga :   Cara Membersihkan dan Merawat Dinamo Tamiya agar Awet

3. Jet Dash, Salah Satu Dinamo Tamiya Terbaik

Kini membahas seputar dinamo setan atau dinamo yang sangat cepat. Sekarang ada Jet Dash yang akan membuat mobil tamiya kamu berpeluang besar menjadi juara. Kecepatan putarnya mencapai 28.000 rpm jika tanpa beban.

Kemudian ketika memasangnya di mobil tamiya, kecepatannya menjadi 23.000 rpm. Akan tetapi yang menjadi kekurangannya adalah konsumsi baterai cukup tinggi. 

Untuk itu, para pemilik Jet Dash biasanya hanya akan menggunakan dinamo tersebut untuk balapan di lintasan pendek. Sementara kisaran harganya yakni antara Rp40.000 sampai Rp550.000.

4. Jr Light Dash Motor Pro

Sekarang untuk jenis dinamo setan berikutnya termasuk dalam kategori kelas menengah. Jr Light Dash Motor Pro dari segi kecepatan memang tidak dapat kamu bandingkan dengan tiga dinamo sebelumnya.

Untuk kecepatan putarnya sekitar 14.000 rpm sampai 18.000 rpm. Meskipun begitu, spesifikasinya sudah cukup untuk mengantarkanmu bersaing di lomba mobil Mini 4WD. Konsumsi baterainya pun cukup minim yaitu 1.5 sampai 2.2 ampere. Harganya juga sangat terjangkau yaitu sekitar Rp62.000.

5. Jr Torque-Tuned 2 Motor

Jika mencari spesifikasi yang lebih tinggi namun masih tetap di kelas menengah, dinamo yang satu ini bisa menjadi pilihan. Torsi pada Jr Torque-Tuned 2 Motor terbilang cukup besar sehingga menjadikan daya akselerasinya tinggi.

Maka  dari itu, dinamo tamiya yang satu ini banyak yang merekomendasikannya untuk kamu gunakan di lintasan dengan jalur turunan dan tanjakan. Untuk kecepatan putarnya antara 12.000 rpm sampai 15.000 rpm. 

Konsumsi baterainya pun lebih baik dari dinamo sebelumnya. Jr Torque-Tuned 2 Motor memerlukan 1.7 sampai 2.0 ampere. Akan tetapi, dari segi harga lebih mahal dari Jr Light yaitu kurang lebih Rp115.000.

Baca Juga :   Dinamo Tamiya STB, Cara Memilihnya dan Rekomendasinya

6. Dinamo Tamiya Spesifikasi Jempolan, Jr Atomic-Tuned 2 Motor

Berikutnya adalah dinamo yang bisa kamu pilih jika  balapan di lintasan berkelok dan lurus. Untuk para pemula yang baru menekuni dunia Mini 4WD, sangat dianjurkan menggunakan Jr Atomic-Tuned 2 Motor. Ini karena spesifikasi dinamo tersebut sudah cukup mumpuni, baik dari torsi, rpm, sampai volt-nya.

Untuk kecepatan putarnya yaitu antara 12.000 rpm sampai 15.000 rpm. Kemudian konsumsi baterainya termasuk salah satu yang paling irit karena hanya memerlukan 1.8 sampai 2.2 ampere. Berapa harganya? Jr Atomic Tuned 2 Motor bisa kamu beli dengan kisaran harga Rp85.000.

7. Mach-Dash Motor Pro

Berikutnya ada dinamo tamiya STB terbaik untuk para pengguna yang pro chassis. Kerangka atau chassis berfungsi menopang semua komponen pada tamiya dan mempunyai beragam tipe. 

Bagi yang memilih pro chassis misalnya MS dan MA, maka Mach-Dash Motor Pro menjadi pilihan yang tepat. Spesifikasi dinamo ini menggunakan kombinasi yang imbang seperti torsi rendah dengan rpm yang tinggi.

Selain itu, bentuk chassis-nya dapat menjadi sebuah senjata yang bisa mematikan. Apalagi ketika kamu harus menghadapi lawan yang memakai kombinasi chassis single shaft serta dinamo power dash

Mach-Dash Motor Pro mempunyai kecepatan putar antara 20.000 rpm sampai 25.000 rpm. Konsumsi baterainya sekitar 2.6 sampai 3.5 ampere. Lalu berapa harganya? Kamu bisa membelinya di kisaran harga Rp64.000.

8. Power Dash

Dinamo tamiya STO berikutnya adalah Power Dash. Keunggulan dinamo mobil tamiya ini adalah torsi yang tinggi serta power-nya yang besar. Sangat cocok ketika kamu memerlukan dinamo untuk mengatasi sirkuit dengan banyak turunan maupun sirkuit teknikal.

Bagaimana dengan kecepatan putarnya? Power Dash menghasilkan kecepatan putar 20.000 rpm sampai 24.000 rpm. Daya yang dibutuhkan sekitar 2.5 sampai 3.3 ampere. Selain itu, Power Dash juga mempunyai carbon brush tahan lama.

Baca Juga :   Dinamo Tamiya STO, Cara Memilihnya dan Rekomendasinya

Warna hijau tua pada ujung bell membuatnya terlihat keren ketika kamu memasangnya di mobil Mini 4WD. Harga dinamo tersebut sekitar Rp65.000.

9. Dinamo Tamiya Speed Tinggi, Sprint Dash

Sesuai dengan namanya, Sprint Dash merupakan dinamo yang mempunyai kecepatan luar biasa. Kamu bisa memilihnya sebagai dinamo andalan untuk lintasan yang panjang dan lurus.

Sprint Dash memang disetel dengan kecepatan putar yang tinggi. Jika kamu sedang berlomba dan ingin memperoleh kecepatan maksimal, Sprint Dash harusnya menjadi dinamo andalanmu.

Kecepatan putarnya sekitar 21.000 rpm sampai 27.000 rpm. Dengan kecepatan tersebut, konsumsi baterainya 2.8 sampai 3.8 ampere. Sama dengan jenis yang sebelumnya, Sprint Dash juga memiliki carbon brush. Di bagian ujung bell memiliki warna abu-abu sehingga terlihat stylish. Untuk harganya kurang lebih Rp70.000.

10. Chukin

Pilihan berikutnya adalah Chukin. Dinamo ini juga termasuk salah satu yang tercepat. Bagaimana tidak, kecepatan putarnya mencapai 50.000 rpm sampai 60.000 rpm. Bisa kamu bayangkan bagaimana laju mobil tamiya kamu ketika menggunakan dinamo tersebut.

Angkanya yang jauh dari kecepatan putar dinamo pada umumnya membuat banyak pemilik tamiya yang ingin membelinya. Akan tetapi, pastikan kamu memasang pengaman di mobil tamiya agar tidak sampai keluar lintasan. Harga dinamo ini sekitar Rp15.000 sampai Rp500.000.

Sudah Paham Macam-macam Dinamo Tamiya  Super Cepat?

Jadi, mana dinamo mobil Mini 4WD terbaik menurutmu? Setelah membelinya, jangan lupa mempelajari bagaimana cara memasang dinamo tamiya, misalnya dengan alat break in dinamo tamiya. Pelajari juga bagaimana cara memperbaiki dinamo tamiya yang mati agar berfungsi kembali.

Sebagai tambahan, sebenarnya kamu bisa merakit dinamomu sendiri karena cara menggulung dinamo tamiya sebenarnya tidak terlalu sulit. 

Sebagai pemilik mobil tamiya, kamu juga harus paham bagaimana cara merawat dinamo tamiya agar performanya tetap terjaga, misalnya dengan memberikan pelumas dinamo tamiya secara rutin. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *