Roller Bearing Tamiya: Ukuran, Harga, dan Cara Pasangnya

Roller Bearing Tamiya: Ukuran, Harga, dan Cara Pasangnya
Handmade rc car from children construction, side view. Diy toy, electronics development, hobby concept

Salah satu faktor yang membuatmu menang balapan adalah pemilihan dan pemasangan roller bearing Tamiya. Ukuran serta jenisnya akan menentukan seperti apa laju mobilmu dan seberapa stabil selama di lintasan. Untuk itu, kamu harus memahami kebutuhan roller yang akan kamu pasang ke mobil Mini 4WD tersebut.

Jenis dan Ukuran Roller Bearing Tamiya

Memilih jenis serta ukuran roller Tamiya menjadi salah satu faktor kemenanganmu. Umumnya, ada dua jenis serta ukuran roller Tamiya, yaitu:

  • Wide Set Up (Lebar): jenis roller ini membuat Tamiya cenderung lebih stabil. Alasannya karena jarak sentuh ke dinding track yang cenderung lebih minim.
  • Narrow Set Up (Agak Lebar): setting roller Tamiya seperti ini membuat mobilmu bisa melaju lebih kencang. Kekurangannya, Tamiya jadi cenderung  tidak stabil.

Cara Memasang Roller Bearing Tamiya 

Kamu bisa memasang roller dengan mengatur posisi ketinggiannya. Berikut ini penjelasannya.

  • High Position: mobil akan sangat stabil pada saat berbelok. Pemasangan roller ini adalah pilihan terbaik jika lintasannya memiliki lebih banyak belokan. Akan tetapi, waspada karena Tamiya berpotensi akan tersangkut ke atas dinding track.
  • Middle Position: pemasangan roller untuk menjaga kestabilan baik di lintasan lurus maupun berbelok.
  • Low Position: cocok untuk lintasan lurus. Ingat, jangan sampai roller bersentuhan pada lantai track, apalagi ketika melintas di track turunan dan tanjakan.

Rekomendasi Roller Bearing Tamiya

Berikut rekomendasi roller bearingnya:

1. Tamiya 19mm Roller Bearing

Pilihan yang pertama adalah roller Tamiya yang bagus yaitu berukuran 19 mm. Untuk ukurannya memang cukup besar namun mampu menjaga kestabilan Tamiya ketika berada di track

Kamu dapat memasangnya di bagian belakang, sementara di bagian depan Tamiya bisa kamu pasang roller berukuran lebih kecil. Harga roller bearing Tamiya tersebut sekitar Rp30.000.

Baca Juga :   Roller Tamiya STO: Ukuran, Harga, dan Cara Setting yang Benar

2. Roller Super 10 mm

Merupakan salah satu roller yang banyak dipilih untuk menjaga kecepatan Tamiya, terutama untuk track yang banyak belokan. 

Kamu bisa membeli roller tersebut dengan harga terjangkau. Biasanya ada yang memasang 2 buah roller super 10 mm di bagian belakang alias double roller Tamiya. Untuk harganya berkisar di angka Rp20.000.

3. Roller STB 8 mm

Dengan ukuran roller yang lebih kecil, laju mobilmu tidak akan terhalangi. Kamu dapat memasangnya di bagian depan. Mobilmu akan tetap melaju kencang meskipun di lintasan yang memiliki banyak tikungan. Kestabilan mobilmu pun juga tetap terjaga. Harganya kurang lebih Rp20.000.

Kesimpulan

Seperti itulah beberapa pilihan roller Tamiya untuk kamu pasang ke Tamiya sliding damper roller. Selain itu, ada juga pilihan jenis roller lain yaitu roller Tamiya STO dan roller Tamiya STB. Tinggal memilih mana roller yang sesuai dengan kebutuhan lintasan.

Incoming search terms:

https://mini4wd id/roller-bearing-tamiya/,bearing chassis super II

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.